Jumat, 18 Maret 2016

10 Aplikasi Terbaik untuk Ubuntu Dekstop

Berikut aplikasi-aplikasi terbaik untuk ubuntu versi 14.04 ke atas:

flareGet

Aplikasi ini berfungsi untuk multi-threaded dan multi-segmen download manager dan akselerator. Aplikasi ini dapat di gunakan untuk mengganti aplikasi internet download manager.



Chromium Web Browser

Aplikasi ini merupakan cikal bakal dari google chrome. Namun Chromium web browser merupakan versi open source dari google chrome dan memiliki fitur yang sama seperti google chrome.


Transmission-GTK

Transmission-GTK merupakan aplikasi untuk mengunduh dan mengunggah torrent. Kurang lebih fungsinya sama seperti bittorrent.


Abiword

Abiword berfungsi sebagai aplikasi word berbasis open source yang dapat di gunakan untuk menggantikan microsoft word. Namun abiword memiliki kekurangan yaitu tidak dapat mengeksport/membuka file berekstensi .docx dengan baik.


VLC Media Player

Siapa yang tidak kenal dengan media player yang satu ini. Media player ini terkenal karena memiliki fitur yang lebih di bandingkan dengan windows media player. Di linux vlc juga merupakan salah satu primadona aplikasi pemutar film/musik.


feh

feh adalah aplikasi untuk menampilkan gambar dan tidak memerlukan resource komputer yang besar


Blender


Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.


Eclipse


Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse: 

  1. Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X. 
  2. Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya. 
  3. Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya. 
Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.


Inkscape


Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.


Pidgin


Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah klien pesan instan yang didasarkan pada pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi.

Banyaknya pengguna Pidgin diduga lebih dari tiga juta pada tahun 2007. Baik Pidgin maupun libpurple adalah perangkat lunak bebas, dilepas ke hadapan umum di bawah pasal-pasal Lisensi Publik Umum GNU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar